Minggu, 18 Juni 2017

Harga Samsung Galaxy J2 Prime dan Spesifikasi

Harga Samsung Galaxy J2 Prime dan Spesifikasi – Di tengah ketatnya persaingan industri smartphone, membuat Samsung semakin terdorong untuk terus berinovasi meluncurkan produk smartphone garapannya dengan beragam inovasi. Sebagai pabrikan yang dikenal telah menjadi salah satu vendor yang mendominasi pasar gadget, tentu produsen asal Korea Selatan tersebut akan selalu berupaya mempertahankan dominasinya di pasar smartphone. Salah satu bentuk upayanya pun terbukti di mana pabrikan asal Negeri Ginseng tersebut belum lama ini dikabarkan segera merilis smartphone entry level yang bernama Samsung Galaxy J2 Prime. 
Sebagai produk yang menyasar pada segmen entry level, smartphone yang kabarnya bakal dirilis pada 11 November 2016 tersebut, diketahui akan hadir dengan tampilan sederhana dan simple. Selain itu, Samsung Galaxy J2 Prime ini juga bakal dibekali dengan komponen spesifikasi yang cukup handal serta beragam fitur yang pastinya akan membuat calon konsumen pemula tertarik untuk membelinya. Dengan demikian, tak heran jika Samsung Galaxy J2 Prime ini nantinya bisa menjadi ponsel pintar andalan Samsung yang mampu mendominasi pasar kelas pemula. Hal itu tentu bukan lagi hal yang mengagetkan bagi para pengguna Galaxy J2 standar. Untuk para pengguna lawas ini tentu lebih tertarik untuk mengetahui apa beda Samsung Galaxy J2 Prime ini.

Sumber gambar gadgetgaul.com
Ponsel Entry Level dengan Desain Simple

Pertama-tama, pada segmen awal ini, Begawei ingin mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas pada sektor tampilan terluar dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime. Jika kita melihat dari bentuknya, tampaknya Samsung Galaxy J2 Prime ini memiliki desain yang terbilang sederhana. Hal itu bisa dilihat dari bodinya yang masih terbuat dari bahan material plastik. Di sisi lain, bisa dilihat dari dimensinya dimana Samsung Galaxy J2 Prime ini memiliki ukuran panjang 144.8 mm, lebar 72.1 mm, dan memiliki ketebalan hingga 8.9 mm serta berbobot 160 gr. Melihat dari ukuran dimensinya maka bisa diketahui bahwa tampilan dimensi dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini memang tak akan seramping ponsel kelas premium.

Meskipun demikian, desainnya terlihat simple dan memiliki casing belakang bertekstur, sehingga mudah digenggam dan tak licin ketika kawan Begawei mengoperasikannya. Di sisi lain, jika melihat pada visualisasi layar dari spesifikasi smartphone Samsung, memang tak ada yang cukup istimewa. Pasalnya, untuk urusan tampilan layar, Samsung Galaxy J2 Prime ini hanya akan dibekali kemampuan resolusi 540 x 960 pixels dan belum menggunakan panel IPS LCD sehingga tampilan visualisasinya tak akan sejernih dengan ponsel kelas premium. Namun, untuk ukuran layarnya terbilang cukup menarik di mana mengusung layar seluas 5 inci yang biasa digunakan ponsel kelas menengah pada umumnya. Jadi, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa desain eksterior dari spesifikasi Galaxy J2 Prime ini memang hadir dengan tampilan simple yang terbilang cukup menarik.

Setelah kita mengupas habis pada sektor tampilan luarnya, kini saatnya Begawei untuk menilik jeroan dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime, yaitu pada sektor mesin pacu. Meskipun menyasar pada segmen kelas pemula, tampaknya pabrikan asal Korea Selatan tersebut juga tak asal-asalan membenamkan komponen pada mesin pacunya. Pasalnya, Samsung Galaxy J2 Prime ini diketahui akan dipersenjatai dengan sebuah chipset Mediatek MT6737T yang akan dipadukan dengan prosesor Quad Core 1,4 GHz CortexA53. Kolaborasi dari kedua komponen tersebut diketahui akan menghasilkan performa kinerja operasional yang cukup handal.

Bahkan, Samsung pun juga membenamkan Samsung Galaxy J2 Prime tersebut dengan sebuah RAM yang berkapasitas 1,5 GB di mana dengan RAM tersebut, tentunya aktivitas multitasking akan menjadi lebih lancar dan tidak lemot. Di sisi lain, untuk memberikan tampilan grafis yang berkualitas maka Samsung Galaxy J2 Prime ini juga dilengkapi dengan sebuah kartu grafis (GPU) Mali-T720MP2 di mana dengan GPU tersebut maka akan memberikan tampilan grafis yang terbilang lumayan jernih untuk ponsel sekelas Samsung Galaxy J2 Prime ini. Lalu, untuk menjalankan dan mengoperasikan semua komponen yang tersusun rapi pada mesin pacu tersebut, spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini akan mengandalkan sebuah platform sistem operasi OS Android v6.0 Marshmallow.

Menginjak pada segmen berikutnya ini, Begawei akan mengulas pada sektor penyimpanan dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime. Meskipun sebagai ponsel kelas pemula namun untuk urusan simpan menyimpan file tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, ruang penyimpanan dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini akan dibekali dengan memory internal berkapasitas 8 GB. Meskipun kapasitas tersebut tak seluas ponsel kelas premium namun dengan kapasitas memory internal seluas 8 GB tersebut dinilai sudah mencukupi kebutuhan pengguna untuk menyimpan beberapa file. Bahkan, jika kapasitas tersebut dirasa masih kurang, jangan khawatir.

Sebab, sektor penyimpanan dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini masih bisa diperluas dengan menggunakan micro SD yang disematkan pada slot memory eksternal dengan batas maksimum kapasitas seluas 256 GB. Sehingga, dengan adanya ruang penyimpanan eksternal tersebut maka pengguna pun bisa menyimpan berbagai macam file pribadi, seperti video, foto, atau pun aplikasi berukuran besar. Dengan demikian, urusan simpan menyimpan pada sektor ruang penyimpanan dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini terbilang cukup luas untuk mencukupi kebutuhan pengguna.

Fungsional

Berikutnya, Begawei akan mengulas salah satu fitur pada sektor fotografi dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime. Sebagai ponsel kelas entry level, produsen asal Negeri Ginseng ini tetap membekali ponsel pintar besutannya tersebut dengan lini fotografi yang handal dan fungsional. Pasalnya, sektor dokumentasi yang diusung pada spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini akan dibekali dengan dual kamera yang fungsionalis di mana untuk kamera belakang akan mengandalkan resolusi 8 MP lengkap dengan fitur autofocus dan LED flash yang akan mampu memberikan hasil bidikan foto yang cukup jernih dan jelas. Sementara itu, untuk sektor kamera depan akan menggunakan kamera beresolusi 5 MP lengkap dengan fitur LED flash yang bisa digunakan untuk foto selfie atau video call.

Tak hanya itu saja, sektor fotografi pada Samsung Galaxy J2 Prime ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas 720p@30fps yang akan memberikan hasil rekaman yang cukup memuaskan. Selain itu, untuk mendukung aktivitas olah foto maka lini fotografi dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, antara lain geo-tagging, touch focus dan face detection di mana keseluruhan fitur tersebut bisa digunakan secara fungsional. Nah, terlihatkan walaupun bukan menyasar kelas atas namun spesifikasi Galaxy J2 Prime ini memang lumayan menggiurkan?

Suplai Daya Andalkan Baterai Li-Ion 2.600 mAh

Akhirnya, sampailah kita pada segmen terakhir di mana pada sesi ini Begawei akan mengulas baterai dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime yang akan digunakan sebagai suplai daya. Oke, langsung saja, jika kita melihat secara keseluruhan, sektor yang bakal paling banyak membutuhkan pasokan daya yaitu pada lini dapur pacu dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime. Nah, untuk menunjang kebutuhan dayanya tersebut, maka Samsung Galaxy J2 Prime dibekali dengan sebuah baterai jenis Li-Ion (Lithium Ion ) yang memiliki kapasitas daya sebesar 2.600 mAh.

Dengan membandingkan antara kebutuhan daya pada spesifikasi Galaxy J2 Prime dan ketersediaan baterai tersebut, tampaknya baterai dengan kapasitas tersebut dinilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan daya. Bahkan, dengan kapasitas baterai yang diusung tersebut maka ponsel pintar garapan Samsung ini bisa bertahan hingga seharian penuh sehingga pengguna hanya perlu mengisi baterai sehari sekali saja. Ini nampaknya menjadi kelebihan penting dari spesifikasi Samsung Galaxy J2 Prime ini.
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Prime

    Layar seluas 5 inci
    Panel layar capacitive touchscreen 16 M colors
    Chipset Mediatek MT6737T
    Prosesor Quad Core 1.4 GHz Cortex-A53
    GPU Mali-T720MP2
    RAM 1.5 GB
    OS Android Marshmallow
    Memory internal 8 GB + slot memory eksternal up to 256 GB
    Dual kamera 8 MP dan 5 MP
    Tersedia 2 varian SIM Card, Single dan Dual SIM Card
    Dukungan akses jaringan 4G LTE
    Dilengkapi WiFi, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth, micro USB dan USB OTG
    Sistem navigasi A-GPS
    Baterai removable 2.600 mAh

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime

    Resolusi masih rendah hanya 540 x 960 pixels
    Panel layar belum menggunakan IPS LCD
    Belum dilengkapi proteksi layar

Harga Samsung Galaxy J2 Prime

Terkait harga Samsung Galaxy J2 Prime, di beberapa Negara seperti Amerika Serikat dan Rusia, harganya terbilang cukup kompetitif, yaitu berkisar pada USD 130 atau setara dengan Rp 1.8 jutaan. Mengingat ponsel ini belum resmi di pasar Tanah Air maka untuk harga Samsung Galaxy J2 Prime kemungkinan besar tak akan jauh berbeda dengan harga di beberapa Negara yang sudah meluncurkan Samsung Galaxy J2 Prime tersebut. Sehingga, untuk harga resminya di Indonesia, kita tunggu sampai pada waktu perilisannya di Tanah Air.

Di sisi lain, Samsung Galaxy J2 Prime ini juga akan ditawarkan dengan 2 varian yang berbeda di mana perbedaan terletak pada penggunaan kartu SIM, yaitu varian Single SIM dan Dual SIM yang bisa dipilih sesuai dengan selera konsumen. Selain itu, Samsung Galaxy J2 Prime ini akan hadir juga dengan 2 varian warna, antara lain Black dan Gold yang bisa dipilih sesuai selera konsumen. Sangat dimungkinkan akibat fluktuasi pasar, harga Samsung Galaxy J2 Prime ini bisa sedikit bergeser akibat urusan warna.

Harga Samsung Galaxy J2 Prime
Sekitar Rp 1.800.000,-

Kembali masalah harga Samsung Galaxy J2 Prime, jika dibandingkan dengan spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy J2 Prime tampaknya banderol tersebut cukup sesuai dan kompetitif. Sehingga, bukan suatu hal yang mustahil jika nantinya diramalkan bahwa Samsung Galaxy J2 Prime ini akan merajai segmen kelas pemula. Namun, hal yang perlu diwaspadai bahwa diketahui pada segmen entry level ini sudah banyak sekali beberapa produk garapan vendor lain yang menyasar pada segmen kelas pemula dengan mengusung spesifikasi cukup handal dan harga yang kompetitif dengan spesifikasi dan harga Galaxy J2 Prime tersebut.

Sehingga, memang bisa dibilang bukan suatu hal yang mudah bagi pabrikan asal Korea Selatan itu untuk menjual sebuah perangkat dengan spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy J2 Prime di pasar kelas pemula. Demikian artikel mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J2 Prime yang telah Begawei sampaikan. Sekian dan terimakasih. Baca juga Samsung Galaxy J2 Pro dan Samsung Galaxy J2 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar